Diklat Pemanfaatan Data Penginderaan Jarak Jauh Untuk Pemetaan Geologi

  • 5.00

Penginderaan jauh (atau disingkat inderaja) adalah pengukuran atau akuisisi data dari sebuah objek atau fenomena oleh sebuah alat yang tidak secara fisik melakukan kontak dengan objek tersebut atau pengukuran atau akuisisi data dari sebuah objek atau fenomena oleh sebuah alat dari jarak jauh, (misalnya dari pesawat, pesawat luar angkasa, satelit, kapal atau alat lain). Di masa modern, istilah penginderaan jauh mengacu kepada teknik yang melibatkan instrumen di pesawat atau pesawat luar angkasa dan dibedakan dengan penginderaan lainnya seperti penginderaan medis atau fotogrametri. Walaupun semua hal yang berhubungan dengan astronomi sebenarnya adalah penerapan dari penginderaan jauh (faktanya merupakan penginderaan jauh yang intensif), istilah \"penginderaan jauh\" umumnya lebih kepada yang berhubungan dengan teresterial dan pengamatan cuaca.

Dengan kemajuan ilmu dan teknologi tentunya sangat penting kita mempelajari mengenai penginderaan jauh ini. Luas wilayah Indonesia yang begitu besar sangat membutuhkan alat bantu yang dapat mengamati seluruh wilayah Indonesia dengan mudah.   

Diklat Pemrosesan Data Penginderaan Jauh untuk Pemetaan Geologi diselenggarakan sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada para stakeholder mengenai ruang lingkup kegiatan penginderaan jauh untuk kepentingan pemetaan geologi.

Informasi Diklat

  • Mengidentifikasi Data Penginderaan Jauh;
  • Menyiapkan Data Penginderaan Jauh;
  • Mengolah Data Penginderaan Jauh.

  • Widyaiswara Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara (PPSDM Geominerba);
  • Industri/Praktisi;
  • Akademisi

INFORMASI & PENDAFTARAN DIKLAT

Daftar Sekarang Download jadwal diklat