• Pusat Pengembangan Teknologi Mineral (PPTM)

    Pada tanggal 11 November 1976 diresmikan Pusat Pengembangan Teknologi Mineral (PPTM). PPTM berada dalam lingkungan DJPU, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pertambangan dan Energi (MPE) Nomor 548 Tahun 1976. Lembaga PPTM adalah gabungan antara Akademi Geologi dan Pertambangan (AGP) dengan Balai Penelitian Tambang dan Pengolahan Bahan Galian (BPTPBG) yang telah ada sejak tahun 1960
  • Pusat Pendidikan Tenaga Pertambangan (PPTP)

    Berdasarkan SK MPE Nomor 1748 tahun 1992, PPTM dipisahkan lembaganya menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral (PPPTM) dan Pusat Pendidikan Tenaga Pertambangan (PPTP).
  • Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknologi Mineral dan Batubara (Pusdiklat TMB)

    Berdasarkan SK Menteri ESDM Nomor 150 tahun 2001 dan Nomor 1915 tahun 2001, PPTP berkembang menjadi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknologi Mineral dan Batubara (Pusdiklat TMB) berada di lingkungan Badiklat ESDM
  • Pusat Pendidikan dan Pelatihan Mineral dan Batubara (Pusdiklat Minerba)

    Peraturan Menteri ESDM Nomor 18 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian ESDM menetapkan nomenklatur baru, yaitu Pusdiklat TMB menjadi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Mineral dan Batubara (Pusdiklat Minerba).
  • Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara (PPSDM GEOMINERBA)

    Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2016 tanggal 16 Mei 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian ESDM menetapkan nomenklatur baru Pusdiklat Minerba menjadi Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara (PPSDM Geominerba).